Tips Memilih Susu untuk Anak

Tips Memilih Susu untuk Anak

originals.id – Dear Dokter Rifan, sekarang ini banyak susu yang disesuaikan dengan tumbuh kembang anak. Misalnya 1 +, 3 tahun, 5 tahun, bahkan susu untuk anak SD. Anak saya sekarang berusia 1 tahun. Masih menyusu ASI, tapi karena produksi ASI mulai berkurang, saya ingin menambahnya dengan susu. Apakah saya harus memilih susu sesuai usia, ataukah boleh minum susu apa saja, bahkan yang UHT? Mohon saran Dokter Rifan. Terima kasih. Nining Bestari – Jakarta.

Sebenarnya untuk anak berusia di atas 1 tahun pada prinsipnya tidak ada masalah mengenai jenis susu yang dapat dikonsumsinya. Karena pada dasarnya seusia dia yang lebih diutamakan adalah konsumsi makanan utamanya. Susu lebih kepada pelengkap asupan nutrisinya. Susu yang dapat dikonsumsinya adalah susu formula maupun susu UHT.

Susu formula (dengan berbagai ketentuan untuk usianya masing-masing) adalah susu dalam bentuk bubuk yang dihasilkan dari proses pengeringan susu cair melalui pemanasan dengan suhu 800 C selama 20-30 detik dan dapat bertahan sampai dengan 2 tahun. Di samping itu susu formula pada prinsipnya mencoba menyerupai kandungan di dalam ASI.

Sedangkan susu Ultra High Temperature (UHT) didapat melalui proses pemanasan dengan suhu yang sangat tinggi untuk membunuh mikroorganisme yaitu sekitar 135-1450 C selama 2-5 detik agar tidak merusak kandungan protein dan zat gizi lain yang ada di dalam susu.

Perkiraan Persalinan yang Membingungkan

Dear Dokter Judi. Saya (27), sedang hamil anak kedua. Usia kehamilan 28 minggu. Dok, tampaknya perkiraan USG dengan perkiraan lahir berbeda. Perkiraan lahir mundur dari USG. Mana yang harus saya pedomani? Sebab bedanya hampir satu bulan. Kalau perkiraan lahir, tanggal 20 Agustus. Tapi menurut USG kelahiran sekitar 20 September. Apa yang harus saya lakukan, Dok? Terima kasih. Ardianis – Jakarta.

Perhitungan usia kehamilan dengan USG pada trimester pertama memiliki kesalahan sekitar < 1 minggu, pada trimester kedua sekitar 1 – 2 minggu dan pada trimester ketiga sekitar 2 – 4 minggu. Haid yang teratur dengan siklus setiap 28 hari memiliki kesalahan sekitar 2 – 4 minggu; bila tidak teratur atau sebelumnya memakai KB hormonal, maka penentuan umur kehamilan berdasarkan haid terakhir tidak bisa dipakai.

Artinya kita lebih percaya pada USG trimester pertama dan kedua dibanding berdasarkan haid. Jika Ibu memiliki hasil USG trimester pertama, maka penentuan umur kehamilan memakai USG tersebut. Pada kehamilan 28 minggu disarankan untuk skrining USG trimester ketiga (28–32 minggu), dokter akan memeriksa umur kehamilan (memakai ukuran panjang otak kecil atau cerebellum dan diameter biparietal serta lingkar kepala janin), berat janin, keadaan plasenta dan air ketuban, serta penapisan cacat bawaan. Semua RS Pendidikan di Jakarta mampu melakukan pemeriksaan USG dengan baik, silakan Ibu berkonsultasi. Terima kasih atas pertanyaannya.