Hati-Hati, Benda-Benda Ini Dapat Menyebabkan Saluran Air Mampet

Jangan sampai sepelekan benda-benda berikut ini jika Anda tidak mau mendapati saluran air mampet.

Menjaga kesehatan keluarga harus berjalan dengan memperhatikan seluruh sudut kebersihan rumah. Tak terkecuali kamar mandi ataupun bak pencucian piring.

Sebab, kedua tempat tersebut dapat menjadi tempat berkembangbiak kuman dan sarang penyakit jika terus-menerus Anda abaikan kebersihannya.

Salah satu permasalahan yang sering dihadapi rumah-rumah di Indonesia adalah saluran air mampet. Tentunya, hal tersebut sangat menjengkelkan, bukan?

Sebenarnya, apa saja hal-hal yang menjadi penyebab hal tersebut? Cek artikel dari jasa sedot wc tangerang kota di sini dulu, yuk!

Benda-Benda Penyebab Saluran Air Mampet

Mari pelajari beberapa hal di bawah ini yang dapat membuat saluran air mampet.

  1. Lemak dan sisa makanan

Jika saluran air pembuangan bak cuci piring Anda tersumbat hal tersebut bias jadi disebabkan oleh tumpukan lemak yang membeku. Seringkali, penghuni rumah, membuang begitu saja sisa minyak yang masih panas ke dalam wastafel.

Padahal kondisi di dalam wastafel adalah pipa bersuhu dingin, sehingga menyebabkan proses pembekuan dan pada akhirnya menempel pada dinding pipa. Anda dapat menunggu minyak tersebut dingin terlebih dahulu atau membuangnya dengan bantuan tisu.

Tak hanya minyak, sisa makanan ketika memasak seperti kulit kentang dan sisa sayuran lainnya acapkali menjadi biang keladi penyebab pipa tersumbat. Sebenarnya, Anda dapat membuang sisa-sisa tersebut ke dalam bak sampah kompos.

Bayangkan jika Anda terus menerus melakukan kebiasaan di atas, tentunya bias menjadi malapetaka di kemudian hari, kan?

  1. Sampah plastik

Biasanya masalah ini sering ditemui di toilet yang penggunanya sering menggunakan produk sachet. Sisa potongan kemasan yang dibiarkan jatuh dapat terkumpul dan pada akhirnya menyumbat saluran air. Maka dari itu, mulailah bertanggungjawab membuang seluruh kemasan plastik tanpa tersisa ke tempat sampah.

  1. Sisa sabun batangan

Bagi Anda yang sering menggunakan sabun batangan di kamar mandi maupun bak pencucian piring, perlu diketahui bahwa sisa sabun dapat tergelincir jatuh dan masuk ke dalam lubang air. Lama kelamaan kebiasaan tersebut dapat membuat saluran air mampet karena dibiarkan menumpuk begitu saja.

Kebiasaan di atas tanpa disadari sering kita lakukan, sehingga membuat saluran air mampet. Jadi, mulai perbaiki dan berdisiplinlah Anda dalam menjaga kebersihan ya.